Resep Ayam Goreng Tepung Krispi yang Menggugah Selera

aydam.org Rahasia ayam goreng tepung adalah salah satu hidangan yang selalu mengundang selera. Dengan renyahnya tepung yang digoreng hingga kecokelatan, serta daging ayam yang juicy di dalamnya, tidak heran hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Namun, bagaimana jika ingin membuatnya lebih spesial dengan hasil yang keriting dan krispi? Simaklah resep berikut ini!

Baca juga artikel alinnya : Bayi 6 Bulan yang Dikira Boneka Ternyata Korban Pembunuhan

Bahan-bahan:

  1. 500 gram paha ayam tanpa tulang, potong sesuai selera
  2. 2 butir telur, kocok lepas
  3. 1 gelas tepung terigu
  4. 1 gelas tepung beras
  5. 1 sendok teh baking powder
  6. Garam secukupnya
  7. Merica secukupnya
  8. Serbuk bawang putih secukupnya
  9. Serbuk bawang merah secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya

Rahasia Instruksi:

  1. Persiapkan Ayam:
    • Bersihkan ayam dengan air mengalir, lalu potong sesuai selera. Diamkan sebentar agar airnya meresap.
  2. Marinasi Ayam:
    • Lumuri potongan ayam dengan garam, merica, serbuk bawang putih, dan serbuk bawang merah. Diamkan selama minimal 30 menit untuk meresap.
  3. Siapkan Bahan Tepung:
    • Campurkan tepung terigu, tepung beras, baking powder, garam, merica, serbuk bawang putih, dan serbuk bawang merah dalam sebuah mangkuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.
  4. Proses Penggorengan:
    • Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
    • Sementara menunggu minyak panas, celupkan potongan ayam ke dalam telur kocok, lalu gulingkan dalam campuran tepung hingga ayam tertutup secara merata dengan tepung.
    • Setelah itu, goreng ayam dalam minyak panas hingga kecokelatan dan matang sempurna. Pastikan untuk tidak menggoreng terlalu banyak potongan ayam sekaligus agar proses penggorengan lebih merata.
  5. Penyajian:
    • Angkat ayam goreng tepung dari minyak dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur agar minyak berlebih terserap.
    • Sajikan selagi hangat bersama dengan saus atau sambal pilihan Anda.

Tips Rahasia Tambahan:

Baca juga artikel lainnya : Deretan Sanksi Peringatan untuk KPU RI

  1. Gunakan Minyak yang Cukup Banyak: Pastikan minyak dalam wajan cukup banyak agar potongan ayam dapat tenggelam sepenuhnya. Ini membantu proses penggorengan menjadi lebih merata dan membuat hasilnya lebih renyah.
  2. Jaga Suhu Minyak: Pastikan suhu minyak tetap stabil selama proses penggorengan. Minyak yang terlalu panas dapat membuat tepung cepat gosong tanpa matang sempurna di dalamnya.
  3. Diamkan Sebentar Setelah Digoreng: Setelah ayam goreng selesai digoreng, biarkan sebentar sebelum disajikan. Hal ini membantu tepung menyerap kembali ke dalam daging ayam, menciptakan hasil yang lebih krispi.

Dengan mengikuti resep di atas, Anda dapat membuat ayam goreng tepung yang keriting dan krispi dengan mudah di rumah. Selamat mencoba dan nikmati hidangan lezat ini bersama keluarga tercinta!