Rahasia Memasak Empal Daging yang Empuk dan Lezat untuk Idul Adha

aydam.org Idul Adha adalah membuat momen istimewa di mana umat Muslim merayakan pengorbanan Nabi Ibrahim AS. Salah satu tradisi yang tak terpisahkan dari perayaan ini adalah membagi-bagikan daging kurban kepada keluarga, tetangga, dan orang-orang yang membutuhkan. Daging kurban sering diolah menjadi berbagai hidangan lezat, dan salah satu yang paling populer adalah empal daging. Berikut adalah lima tips untuk membuat empal daging yang empuk dan lezat:

1. Membuat Pilih Potongan Daging yang Tepat

Potongan daging yang cocok untuk empal adalah bagian yang berlemak dan memiliki serat daging yang cukup. Potongan daging bagian paha atau sandung lamur adalah pilihan yang bagus karena teksturnya yang empuk dan memiliki lapisan lemak yang memberikan rasa yang kaya dan lezat.

Baca juga artikel lainnya : Relokasi 91 Rumah di Lahan IKN yang Bermasalah

2. Rendam Daging dalam Bumbu

Sebelum dimasak, rendam potongan daging dalam campuran bumbu rempah-rempah selama beberapa jam atau semalam di lemari es. Bumbu yang umum digunakan untuk merendam daging empal antara lain bawang putih, ketumbar, merica, jahe, dan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera Anda.

3. Gunakan Teknik Penggorengan yang Tepat

Pertama-tama, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang hingga cukup panas. Goreng potongan daging hingga kedua sisinya berwarna cokelat keemasan. Pastikan untuk tidak menggoreng terlalu lama agar daging tetap empuk dan tidak kering.

4. Membuat Masak dalam Cairan Kaldu

Setelah di goreng, masukkan potongan daging ke dalam panci tekan atau slow cooker. Tambahkan kaldu sapi atau air secukupnya hingga daging terendam sepenuhnya. Masak daging dalam kaldu tersebut dengan api kecil hingga empuk dan bumbu meresap sempurna. Teknik ini membantu menjaga kelembaban daging dan memberikan rasa yang kaya.

5. Biarkan Daging Istirahat

Setelah di masak, biarkan daging istirahat selama beberapa saat sebelum di sajikan. Daging yang di istirahatkan akan menjadi lebih empuk dan rasa bumbunya akan lebih meresap. Potongan daging empal yang empuk dan lezat siap untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat atau lontong, serta sambal yang pedas.

Baca juga artikel lainnya : Aliansi Strategis Jelang Pilkada Jakarta

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat empal daging yang empuk dan lezat untuk disajikan pada momen istimewa Idul Adha. Selamat memasak dan selamat merayakan Idul Adha!