7 Cara Mengempukkan Daging Steak dengan Tepung Maizena

aydam.org 7 Cara daging steak yang empuk adalah kunci dari hidangan steak yang sempurna. Namun, terkadang, daging yang kurang empuk bisa membuat pengalaman makan menjadi kurang memuaskan. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengempukkan daging steak, dan salah satu bahan rahasia yang bisa digunakan adalah tepung maizena. Tepung ini tidak hanya berguna untuk memberikan tekstur yang lembut pada daging, tetapi juga dapat menambahkan sedikit krispi pada permukaannya. Dalam artikel ini, kami akan membahas tujuh cara kreatif untuk menggunakan tepung maizena untuk mengempukkan daging steak Anda.

1. Pemakaian Sebelum Memasak:

Sebelum memasak daging steak, taburi tepung maizena secara merata di seluruh permukaan daging. Pastikan daging benar-benar terbalut dengan tepung. Hal ini akan membantu menjaga kelembapan daging saat dimasak, sehingga hasilnya lebih empuk.

Baca artikel lainnya : Langkah Strategis Menuju Ibu Kota Negara Baru

2. Marinasi dengan Tepung Maizena:

Tambahkan tepung maizena ke dalam campuran marinasi Anda. Campuran ini akan membantu melapisi daging dengan baik dan memberikan lapisan tambahan yang akan membuat daging lebih empuk saat dimasak.

3. Gunakan dalam Saus:

Tepung maizena dapat di gunakan sebagai pengental alami dalam saus steak Anda. Ketika Anda membuat saus, campurkan sedikit tepung maizena dengan air dingin, lalu tambahkan ke saus. Ini akan memberikan tekstur kental pada saus dan membungkus daging dengan lembut saat di sajikan.

4. Taburi sebelum Digoreng:

Jika Anda ingin menggoreng steak, taburkan tepung maizena secara merata di seluruh permukaan daging sebelum memasukkannya ke dalam minyak panas. Tepung ini akan membentuk lapisan renyah di luar steak sambil menjaga kelembapan di dalamnya.

5. Gunakan dalam Pembungkus:

Sebelum membungkus daging dalam kertas pembungkus atau aluminium foil untuk dimasak dalam oven, taburi daging dengan sedikit tepung maizena. Ini akan membantu menjaga kelembapan daging selama proses pemanggangan, menghasilkan daging yang empuk dan lembut.

6. Campurkan dalam Adonan:

Jika Anda membuat daging steak cincang atau bakso, campurkan tepung maizena ke dalam adonan daging sebelum membentuknya menjadi bentuk yang di inginkan. Tepung ini akan membantu membuat tekstur daging lebih halus dan empuk saat di masak.

Baca juga artikel lainnya : Rahasia Krispi yang Menggugah Selera

7. Rendam Sebelum Memasak:

Sebelum memasak daging, rendam dalam campuran air dan tepung maizena selama beberapa jam atau semalaman di lemari es. Proses ini akan membantu memecahkan serat daging dan membuatnya lebih empuk saat di masak.

Dengan menggunakan tepung maizena secara kreatif dalam persiapan daging steak Anda, Anda dapat menciptakan hidangan steak yang lezat dan empuk setiap kali. Percobaanlah dengan berbagai teknik ini dan temukan yang paling cocok dengan selera Anda. Selamat mencoba!